Daftar 5 Raja yang Terkenal di Kerajaan Majapahit

Kerajaan Majapahit di perkirakan sudah ada di wilayah trowulan Mojokerto, Jawa Timur menurut penemuan pondasi bangunan, gapura, candi, serta tiang rumah. Kerajaan Majapahit di perkirakan berdiri pada abad ke-13 hingga pada abad ke-16.

Tepatnya yaitu pertama kali muncul ketika Raden Wijaya di angkat sebagai seorang raja Majapahit yang pertama di tahun 1293. Berdasarkan dari catatan, ada 12 raja Majapahit yang memerintah dari mulai berdirinya kerajaan hingga dengan keruntuhannya. Di bawah ini kami akan sebutkan 5 Raja yang Terkenal di Kerajaan Majapahit dan paling lama berkuasa. Baca juga KapanKerajaan Majapahit runtuh dan Apa saja faktor yang membuat runtuhnya kerajaan terbesar ini.

5 Raja yang Terkenal di Kerajaan Majapahit

Raja yang Terkenal di Kerajaan Majapahit


Raja Jayanegara Menjadi Raja yang Terkenal di Kerajaan Majapahit

Raja Jayanegara adalah salah satu raja Majapahit yang berkuasa pada kerajaan Majapahit cukup lama. Tentu Raja yang satu ini naik tahta tepat di tahun 1309 hingga dengan 1328. Yang artinya Jayanegara berkuasa sekitar kurang lebih 17 tahun lamanya. Jayanegara sendiri adalah salah satu raja kedua dari Kerajaan Majapahit.

Raja Tribhuwana Tunggadewi

Mempunyai gelar Sri Tribhuwananottunggadewi Maharajasa Jayawisnuwardhani, Tribhuwana Tunggadewi adalah salah satu ratu yang memimpin kerajaan Majapahit yang berkuasa cukup lama.

Tribhuwana Tunggadewi sendiri menjadi penguasa ketiga dari Kerajaan Majapahit setelah raja Jayanegara. Tercatat dalam sejarahnya jika Tribhuwana Tunggadewi berkuasa sekitar kurang lebih 22 tahun dari tahun 1328 hingga dengan tahun 1350.

Raja Girindrawardhana Dyah Ranawijaya

Raja Girindrawardhana Dyah Ranawijaya yaitu raja terakhir yang memimpin Kerajaan Majapahit. Tentu Raja yang satu ini berkuasa sekitar kurang lebih 31 tahun yaitu dari mulai tahun 1486 hingga dengan 1517.

Kemudian setelah Majapahit runtuh di tangan Kesultanan Demak Bintara, raja Girindrawardhana Dyah Ranawijaya selanjutnya menjadi salah satu Adi Pati dalam naungan kesultanan Demak Bintara beberapa tahun kemudian.

Raja Wikramawardhana

Raja Wikramawardhana merupakan raja Majapahit yang paling lama berkuasa kedua di kerajaan Majapahit. Wikramawardhana berkuasa sekitar kurang lebih 38 tahun, yaitu dari tahun 1390 hingga dengan 1428. Raja Wikramawardhana sendiri adalah raja Majapahit yang kelima dalam urutan.

Hayam Wuruk

Raja Hayam Wuruk merupakan raja Majapahit paling lama memerintah yaitu kurang lebih sekitar 40 tahun. Hayam Wuruk adalah penguasa keempat dalam urutan Raja-raja Majapahit. Simak juga jalurperdagangan Kerajaan Majapahit yang berhasil dan sukses menaikkan perekonomian.

Raja Hayam Wuruk sendiri mulai naik tahta pada tahun 1350 hingga dengan 1390. Dengan berkuasa selama kurang lebih 40 tahun. Maka tidak heran jika raja Hayam Wuruk merupakan raja Majapahit yang sangat terkenal.

Tepatnya yaitu pertama kali muncul ketika Raden Wijaya di angkat sebagai seorang raja Majapahit yang pertama di tahun 1293. Berdasarkan dari catatan, ada 12 raja Majapahit yang memerintah dari mulai berdirinya kerajaan hingga dengan keruntuhannya.

Seperti itu informasi 5 Raja yang Terkenal di Kerajaan Majapahit. Semoga bermanfaat!!

  

0 Response to "Daftar 5 Raja yang Terkenal di Kerajaan Majapahit"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel