Inilah Jalur Perdagangan Kerajaan Majapahit Dahulu Kala

Aktivitas perdagangan yang semakin berkembang dan masih memerlukan tempat untuk melakukan praktik jual beli. Nah pada era Majapahit keberadaan pasar tersebar Hampir ada pada sejumlah penjuru wilayah. apalagi pada saat itu jalur perdagangan Kerajaan Majapahit yang berhasil dan sukses menaikkan perekonomian.

Zaman kerajaan Majapahit pasar berada di tepi jalan persimpangan jalan sampai ada di depan Keraton kerajaan yang menjadi wadah praktik jual beli untuk memudahkan masyarakat. Adanya aktivitas jual beli di pasar pada saat kerajaan Majapahit tercantum dari berbagai sumber mulai dari Prasasti Relief candi sampai serat pararaton dan Kitab Negarakertagama. Adanya pasar pada saat itu tentu tak lepas dari kebutuhan ekonomi masyarakat pada saat itu. Baca juga Jelaskansebab-sebab kemunduran Kerajaan Majapahit yang merupakan kerajaan Hindu Budha.

Jalur perdagangan pada masa itu sangat penting yang sangat berpengaruh juga terhadap kekuatan maritim Kerajaan Majapahit. Hal itulah yang memungkinkan terjadinya perdagangan antara Kerajaan Majapahit dan negara tetangga seperti Arab Tiongkok India serta negara Asia Tenggara lainnya. Jalur perdagangan dari kerajaan Majapahit meliputi beberapa jalur yang cukup strategis antara lain.

Mengetahui Jalur Perdagangan Kerajaan Majapahit

Jalur Perdagangan Kerajaan Majapahit


Jalur Perdagangan Kerajaan Majapahit Laut Utara

Jalur laut utara itu meliputi perairan Laut Cina Selatan dan Selat Malaka yang mana perdagangan jalur ini dilakukan antara Kerajaan Majapahit dan negara Tiongkok Jepang serta Korea. Barang-barang yang di perdagangkan di melalui jalur laut Utara yaitu seperti rempah-rempah, sutra, teh dan keramik.

Jalur Perdagangan Laut Selatan

Untuk jalur perdagangan laut selatan itu meliputi lautan Hindia bagian Selatan yang menghubungkan Kerajaan Majapahit dan negara Arab, Afrika Timur dan India. Untuk barang-barang yang di perdagangkan melalui jalur perdagangan laut selatan meliputi Gading, Sutra, rempah-rempah dan kayu.

Jalur Perdagangan Laut Timur

Jalur perdagangan laut Timur itu meliputi perairan Samudra Pasifik sampai lautan Hindia bagian timur. yang mana jalur ini di lakukan dari kerajaan Majapahit dan negara-negara seperti Korea Filipina dan Jepang. Untuk barang-barang yang di perdagangkan dari jalur perdagangan laut Timur biji-bijian, Gading dan kayu.

Jalur Perdagangan Via Darat

Untuk jalur perdagangan via darat Kerajaan Majapahit dengan negara-negara pada Asia Tenggara seperti siam, khmer, serta vietnam. Untuk perdagangan pada jalur ini dilakukan melalui darat yang menghubungkan Kerajaan Majapahit dan negara-negara Tetangga. Bukan hanya itu ikatan Kerajaan Majapahit juga adanya pelabuhan yang strategis di sepanjang pesisir Jawa mulai dari Surabaya, Gresik, Tuban, Semarang serta Cirebon. Simak juga KapanKerajaan Majapahit runtuh dan Apa saja faktor yang membuat runtuhnya kerajaan terbesar ini.

Yang mana pelabuhan-pelabuhan tersebut di pakai untuk memfasilitasi perdagangan serta mengontrol lalu lintas kapal pada wilayah dari Kerajaan Majapahit. Jalur perdagangan Kerajaan Majapahit sangat penting karena memungkinkan kerajaan ini untuk mengambil keuntungan dari sumber daya alam yang berada pada wilayahnya.

0 Response to "Inilah Jalur Perdagangan Kerajaan Majapahit Dahulu Kala"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel