Kapan Kerajaan Majapahit Runtuh Simak Penjelasan Lengkapnya Berikut Ini

Kerajaan Majapahit itu kerajaan Hindu Budha terbesar di nusantara yang daerah kekuasaannya meliputi dari Jawa dan sekitarnya. Akan tetapi setelah lebih dari 200 tahun kerajaan ini berdiri Kerajaan Majapahit mengalami runtuh. Untuk lebih tepatnya Kapan Kerajaan Majapahit runtuh dan Apa saja faktor yang membuat runtuhnya kerajaan terbesar ini simak penjelasannya.

Runtuhnya kerajaan Majapahit penyebabnya karena berbagai macam faktor. Apalagi semenjak kematian Patih Gajah Mada dan raja Hayam Wuruk dan dari situlah konflik terus bermunculan di kerajaan ini. Untuk lebih lengkapnya Apa saja sih penyebab dari kerajaan ini runtuh berikut ini pembahasannya. Baca juga Rajaterkenal dari majapahit adalaha orang orang yang memiliki andil dalam jatuh bangunnya kerajaan majapahit itu sendiri.

Kapan Kerajaan Majapahit Runtuh Dan Penyebabnya Apa Saja

Kapan Kerajaan Majapahit Runtuh


Kapan Kerajaan Majapahit Runtuh Sejak Meninggalnya Raja Hayam Wuruk Dan Berdirinya Kerajaan Demak

Berdirinya Kerajaan Demak dengan kepemimpinan Raden Patah mempunyai peranan penting dalam runtuhnya kerajaan Majapahit. Raden Patah sendiri adalah putra dari raja Majapahit yaitu kertabumi dengan seorang wanita yang bergerak Tionghoa bernama Siu Ban Ci. Raden Patah mempunyai hubungan darah dengan keluarga dari Kerajaan Majapahit dan itulah yang memberinya klaim atas Tahta Majapahit.

Seiring berjalannya waktu dan berdirinya Kerajaan Demak sehingga menjadi semakin kuat dan mereka berhasil mengambil alih kendali dua Pelabuhan utama di Jawa yaitu Pelabuhan japara dan Gerisik. Hal inilah yang memberikan pekerjaan memiliki kendali dari lalu lintas perdagangan yang sangat penting pada wilayah itu. karena kedua pelabuhan itu merupakan pusat perdagangan yang cukup strategis dan berhasil mengendalikannya yang artinya mengendalikan aliran ekonomi pada wilayah itu.

Bukan hanya berhasil mengendalikan Pelabuhan kerajaan Demak juga bisa menguasai kawasan dataran penanaman padi yang luas pada sekitar Pelabuhan tersebut. dengan begitu Demak mempunyai akses terhadap sumber daya pangan seperti beras guna mendukung pertumbuhan serta stabilitas kerajaannya.

Munculnya Kesultanan Malaka Menjadi Salah Satu Penyebab Runtuhnya Majapahit

Bukan hanya kerajaan Demak saja Kesultanan Malaka juga menjadi faktor yang mendorong runtuhnya kerajaan ini. Hal ini karena Paramiswara yang merupakan raja Malaka pertama itu seorang pangeran yang melarikan diri dari Kerajaan Majapahit. Dia adalah anak dari sang Aji dan sudah memutuskan hubungan dengan Majapahit untuk memerintah kerajaan sendiri. Simak juga Jelaskansebab-sebab kemunduran Kerajaan Majapahit yang merupakan kerajaan Hindu Budha.

Kepergian Paramiswara dan berdirinya Kesultanan Malaka membuat rivalitas antara Malaka dan Majapahit. Kesultanan Malaka semakin berkembang sehingga menjadi pusat perdagangan yang sangat penting di Selat Malaka. Keberhasilan Malaka dalam perdagangan serta navigasi maritim membuat Kesultanan Malaka menjadi tujuan utama untuk pedagang dari berbagai negara.

Mengenai Kapan runtuhnya kerajaan Majapahit itu sekitar tahun 1404 Masehi atau lebih tepatnya setelah Hayam Wuruk wafat. Sang raja yang berhasil membawa kerajaan Majapahit mencapai puncak kejayaannya.

0 Response to "Kapan Kerajaan Majapahit Runtuh Simak Penjelasan Lengkapnya Berikut Ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel