Jelaskan Sebab-Sebab Kemunduran Kerajaan Majapahit Sekitar Abad Ke 14

Kerajaan Majapahit itu merupakan kerajaan yang bercorak Hindu Budha terakhir yang ada di nusantara ini. Kerajaan Majapahit sendiri mulai runtuh kurang lebih sekitar tahun 1404 Apa penyebabnya? Artikel kali ini akan membahas mengenai Jelaskan sebab-sebab kemunduran Kerajaan Majapahit yang merupakan kerajaan Hindu Budha.

Ketika masih Jaya Kerajaan Majapahit ini mengalami tiga kali perpindahan pusat pemerintahannya yang mana ketiga-tiganya berada di Jawa Timur dan tak memiliki jarak yang terlalu jauh. Pusat pemerintahan yang pertama dari kerajaan Majapahit letaknya ada di Mojokerto. Nah pada saat itu kerajaan Majapahit di pimpin oleh pendiri Kerajaan Siak sekaligus menjadi raja pertama yaitu Raden Wijaya. Baca juga rajaterkenal di kerajaan majapahit terkenal di dalam sejarah Indonesia dan penting untuk di pelajar.

Kemudian pada masa pemerintahan Sri Jayanegara yang merupakan raja kedua Majapahit pusat pemerintahan berpindah ke Trowulan yang mempunyai Jarak 12 km dari pusat Kota Mojokerto. Tak lama kemudian pusat pemerintahan Majapahit dipindah lagi ke Daha atau saat ini di kenal dengan Kediri. Ini yang merupakan lokasi pusat pemerintahan terakhir sebelum runtuhnya kerajaan ini. Runtuhnya salah satu kerajaan Hindu Budha terbesar di nusantara ini di sebabkan dari beberapa faktor antara lain.

Jelaskan Sebab-Sebab Kemunduran Kerajaan Majapahit Sebagai Kerajaan Hindu Budha Terbesar

Jelaskan Sebab-Sebab Kemunduran Kerajaan Majapahit


Jelaskan Sebab-Sebab Kemunduran Kerajaan Majapahit Mulai Dari Kematian Hayam Wuruk

Berdasarkan Catatan sejarah kerajaan Majapahit mencapai masa kejayaannya di bawah pimpinan raja Hayam Wuruk yang dimulai tahun 1350 masehi sampai 1389 Masehi. Hayam Wuruk yang di bantu oleh Patih Gajah Mada berhasil menyatukan wilayah nusantara di bawah Sumpah Palapa. usai berhasil menyatukan beberapa wilayah di nusantara di sinilah Kerajaan Majapahit mencapai masa keemasannya.

Akan tetapi pasalnya usai era kepemimpinan raja Hayam Wuruk berakhir Majapahit perlahan-lahan mulai mengalami keruntuhan. Wikramawardhana yang merupakan raja Majapahit setelah Hayam Wuruk di gadang-gadang menjadi sosok di balik runtuhnya kerajaan ini.

Terjadinya Perang Paregreg Tahun 1404

Dari Catatan sejarah saat itu posisi Hayam Wuruk setelah berakhirnya kepemimpinan di gantikan oleh keponakan yang sekaligus menantunya yaitu Wikramawardhana tahun 1389. Akan tetapi pengangkatan ini ada tantangan dari anak Hayam Wuruk yaitu Bhattara wirabhumi yang merupakan penguasa istana Timur Majapahit. Wirabhumi dan Wikramawardhana sama-sama menginginkan istrinya menjadi seorang pemimpin kerajaan kecil Lasem sehingga terjadilah Perang Paregreg tahun 1404. Simak juga Rajaterkenal dari majapahit adalaha orang orang yang memiliki andil dalam jatuh bangunnya kerajaan majapahit itu sendiri.

Munculnya Kerajaan-Kerajaan Islam Di Nusantara

Saat itu rempah-rempah menarik perhatian pedagang asing untuk pergi ke pelabuhan pelabuhan yang ada di pesisir Jawa. Sembari berdagang penyebaran agama Islam juga terjadi dari pedagang asal Asia Barat yang berlabuh ke pelabuhan Majapahit. Raden Patah yang merupakan keturunan Majapahit mendirikan Desa muslim yang kemudian di kenal menjadi kerajaan Demak.

dan menjadi pusat penyebaran Islam di Jawa melalui Wali Songo. Nah itulah tentang Jelaskan sebab-sebab kemunduran Kerajaan Majapahit.

 

0 Response to "Jelaskan Sebab-Sebab Kemunduran Kerajaan Majapahit Sekitar Abad Ke 14"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel