Kapan Kerajaan Majapahit Berdiri dan Siapa Pendirinya?

Sejarah kerajaan Majapahit memang sangat menyenangkan jika di pelajari secara detail, karena secara tidak langsung kita mengetahui bagaimana kehidupan di masa lampau. Dari sekian banyaknya pertanyaan, ada salah satu pertanyaan yang sempat mencuri perhatian kami. Di mana salah satu dari pertanyaan tersebut yaitu kapan Kerajaan Majapahit Berdiri dan siapa Pendirinya?

Kapan Kerajaan Majapahit Berdiri dan Siapa Pendirinya?

Kapan Kerajaan Majapahit Berdiri


Kerajaan Majapahit adalah salah satu kerajaan yang pernah berdiri pada abad ke-13 sampai pada abad ke-16. Akan tetapi, ada juga yang menjalankan jika kerajaan Majapahit berdiri pada abad ke-14 sampai abad ke-15.

Kerajaan Majapahit sendiri terletak dan berpusat di Jawa Timur. Serta juga banyak di anggap sebagai salah satu kerajaan terbesar di wilayah Asia Tenggara di masa lalu. Baca juga jalur perdagangan Kerajaan Majapahit yang berhasil dan sukses menaikkan perekonomian.

Kerajaan Majapahit berdiri sejak tahun 1293 M oleh Raden Wijaya. Berdasarkan keterangan sejarawan Slamet Muljana dalam bukunya yang berjudul Runtuhnya Kerajaan Hindu-Jawa serta Timbulnya Negara-negara Islam di Nusantara, Raden Wijaya berhasil untuk memproklamasikan dirinya sebagai seorang raja pertama Kerajaan Majapahit. Setelah dirinya berhasil mengalahkan raja Kediri di tahun 1293.

Awal Mula Berdirinya Kerajaan Majapahit

Awal berdirinya Kerajaan Majapahit di percaya dari kerajaan-kerajaan kecil yang terdapat di sekitar kawasan Trowulan. Sejarah singkat berdirinya kerajaan Majapahit tersebut berawal dari kisah tentang sang Raja Kertanegara, yang juga menjadi raja terakhir Kerajaan Singasari.

Di akhir abad ke-13, terjadi perang antara dua kerajaan yakni Kerajaan Singasari serta Kerajaan Kediri. Di mana hal tersebut mengakibatkan Kerajaan Singasari mengalami kekalahan.

Raja Kertanegara berhasil memerintah Kerajaan Singasari di awal abad ke-13. Dia di kenal sebagai seorang raja yang pandai berdiplomasi, serta mampu untuk menjaga hubungan baik dengan negara tetangga lainnya.

Akan tetapi, di tahun 1292 terjadi serangan dari pasukan Mongol yang di pimpin oleh raja Kubilai Khan yang ingin memperluas kekuasaannya terhadap wilayah Nusantara.

Pada kala itu, Raja Kertanegara berhasil mengalahkan pasukan Mongol yang menyerang. Tapi sayangnya dia terluka parah dan akhirnya tewas dalam serangan tersebut.

Usai kematian Raja Kertanegara, terjadi perselisihan antara kedua belah pihak yaitu para bangsawan di Kerajaan Singasari yang ingin merebut tahta. Salah satu pangeran bernama Jayakatwang, akhirnya berhasil untuk merebut tahta dan memproklamirkan jika dirinya merupakan seorang raja baru.

Tapi, kekuasaan raja Jayakatwang tidak bertahan lama sebab dia berhasil di tumbangkan oleh pasukan Mongol yang kembali menyerangnya di tahun 1293. Simak juga Raja yang Terkenal di KerajaanMajapahit dan paling lama berkuasa.

Setelah jatuhnya Kerajaan Singasari tersebut maka wilayah Jawa Timur menjadi sangat tidak stabil. Bahkan juga terpecah-pecah menjadi beberapa kekuatan kecil yang saling tidak akur. Ketika saat bersamaan, munculah seorang tokoh yang bernama Raden Wijaya, yang mana menjadi cucu dari Raja Kertanegara. Raden Wijaya berhasil untuk membangun aliansi dengan para bangsawan di kawasan Jawa Timur. Serta berhasil membentuk pasukan yang kuat untuk merebut kekuasaan di wilayah itu sendiri.

Seperti itu kiranya informasi terkait Kapan Kerajaan Majapahit Berdiri. Semoga bermanfaat!!!

0 Response to "Kapan Kerajaan Majapahit Berdiri dan Siapa Pendirinya?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel