Sejarah Pendiri dan Raja Pertama Kerajaan Majapahit Adalah Raden Wijaya

Benarkah jika Pendiri dan Raja Pertama Kerajaan Majapahit Raden Wijaya menjadi seorang raja pertama sekaligus juga pendiri dari Kerajaan Majapahit. Pada sejarahnya, Majapahit menjadi menjadi Kerajaan Hindu Budha terbesar yang ada di seluruh Nusantara.

Sebagai seorang pendiri kerajaan terbesar, raja Raden Wijaya sudah melalui proses yang sangat panjang. Di mulai dari tahap pendirian sampai dengan bisa mempertahankan keutuhan kerajaan dari serangan musuh. Baca juga Raja yang Terkenal di KerajaanMajapahit dan paling lama berkuasa.

Sejarah Pendiri dan Raja Pertama Kerajaan Majapahit Adalah Raden Wijaya

Pendiri dan Raja Pertama Kerajaan Majapahit


Raden Wijaya menjadi seorang pendiri sekaligus raja pertama Kerajaan Majapahit yang berkuasa mulai dari 1293 hingga 1309 M. Sebelum merintis Kerajaan Majapahit, ternyata tidak banyak yang tahu jika Raden Wijaya pernah menjadi panglima perang di Kerajaan Singasari.

Raden Wijaya adalah keturunan Ken Arok, pendiri Kerajaan Singasari, lewat perantara putranya Mahisa Campaka. Dia juga sempat menikahi 4 putri Kertanegara, raja terakhir Singasari. Di antaranya yaitu putri Tribhuwaneswari, Prajnaparamita, Narendraduhita, serta Gayatri Rajapatni.

Pada kala itu, dia membangun benteng pertahanan yang berada di daerah Tarik dan Madura untuk melawan Jayakatwang, yang merupakan raja Kediri yang menggulingkan Singasari. Raja Raden Wijaya juga bersekutu dengan pasukan Mongol yang di kirim oleh pasukan Kubilai Khan untuk menghukum Kertanegara sebab menolak upeti.

Raden Wijaya dalam hal tersebut memanfaatkan kekacauan yang terjadi akibat serangan pasukan Mongol untuk mengalahkan Jayakatwang. Bahkan juga dengan niatan merebut kembali tahta Singasari pada kala itu. Dia kemudian mengusir pasukan Mongol dengan menggunakan tipu muslihat dan menetap di daerah Trowulan yang merupakan pusat Kerajaan Majapahit.

Raden Wijaya di angkat menjadi raja pertama Majapahit dengan gelar Kertarajasa Jayawardhana pada saat itu. Dia berhasil membangun candi-candi untuk menghormati leluhurnya. Serta juga mendirikan pemerintahan berdasarkan dengan sistem wangsa.

Beralih pada raja Hayam Wuruk. Di mana Raja Hayam Wuruk merupakan raja Majapahit paling lama memerintah yaitu kurang lebih sekitar 40 tahun. Raja Hayam Wuruk adalah penguasa keempat dalam urutan Raja-raja Majapahit.

Raja Hayam Wuruk sendiri mulai naik tahta pada tahun 1350 hingga dengan 1390. Dengan berkuasa selama kurang lebih 40 tahun. Maka tidak heran jika raja Hayam Wuruk merupakan raja Majapahit yang sangat terkenal. Simak juga kapan Kerajaan Majapahit Berdiri dan siapa Pendirinya.

Tepatnya yaitu pertama kali muncul ketika Raden Wijaya di angkat sebagai seorang raja Majapahit yang pertama di tahun 1293. Berdasarkan dari catatan, ada 12 raja Majapahit yang memerintah dari mulai berdirinya kerajaan hingga dengan keruntuhannya.

Raden Wijaya adalah keturunan Ken Arok, pendiri Kerajaan Singasari, lewat perantara putranya Mahisa Campaka. Dia juga sempat menikahi 4 putri Kertanegara, raja terakhir Singasari.

Nah seperti itu kiranya informasi terkait dengan Sejarah Pendiri dan Raja Pertama Kerajaan Majapahit Adalah Raden Wijaya. Semoga bermanfaat!!

 

 

0 Response to "Sejarah Pendiri dan Raja Pertama Kerajaan Majapahit Adalah Raden Wijaya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel