Inilah Sejarah Lokasi Pusat Kerajaan Majapahit Terletak Di Trowulan, Apakah Benar Keberadannya?

Lokasi pusat kerajaan dari majapahit ini terutama pada masa kejayaan di bawah pemerintahan Raja Hayam Wuruk di yakini berada di trowulan. Saat ini trowulan berada di wilayan mojokerto jawa timur apakah benar sejarah tersebut berada di wilayah tersebut atau hanya kesalahpahaman saja. Maka dari itu pembahasan kita saat ini terkait sejarah lokasi pusat kerajaan majapahit terletak di trowulan yang masih menyimpan tanda Tanya.

Pujangga legendaris berada dari majapahit yaitu mpu prapnaca pernah meriwayatkan bahwasannya prosa – prosa romantisisme mengenai kerajaan besar tersebut melalui nagarakertagama. Beliau menuturkan tentang silsiah para raja – raja terdahulu dari majapahit, upacara serta tradisi kerajaan, aksi heroic penguasanya, dan arsitektur mahsyurnya. Salah satu hal yang cukup menarik untuk dikaji adalah uraian mengenai lokasi keratin majapahit sewaktu hayam wuruk menjadi raja pada 1350 sampai 1389. Baca juga MataPencaharian Kerajaan Majapahit Untuk Kehidupan Sehari-Hari.

Inilah Sejarah Lokasi Pusat Kerajaan Majapahit Terletak Di Trowulan, Apakah Benar Keberadannya?

Lokasi Pusat Kerajaan Majapahit Terletak Di


Sejarah Lokasi Pusat Kerajaan Majapahit Terletak Di Trowulan

Banyak literatur yang menyebutkan bahwasannya trowulan merupakan salah satu pusat dari kerajaan majapahit maka untuk lebih dalam kita membahasnya yuk. Untuk meneliti lebih detail lagi pemerintah colonial hindia belanda ini membentuk salah satu badan khusus purbakala bernama oudheidkunidge vereeneging majapahit (ovm) pada 15 april 1924. Ovm ini sendiri di dirikan oleh insinyur serta arkeolog yang di prkasai oleh henry maclaine pont yang meneliti artefak di trowulan.

Disana telah di sebutkan bahwasannya nama trowulan berhulu dari istilah setra wulan dan sastrawulan beliau menyimpulkan usai memaknai serta kandha. Sedangkan untuk istilah kedua merujuk pada wasiat raja terakhir dari majapahit brawijaya v agar di makamkan pada daerah bernama sastrawulan. Lantas apakah benar trowulan merupakan ibu kota dari kerajaan majapahit hal ini sempat mnjadi perdebatan pada masanya.

Benarkan Trowulan Pusat Kerajaannya?

Pertama jika merujuk dalam kitab pararaton, raden wijaya mendirikan majapahit di sekitaran hutan trik yang terletak di tepi sungai brantas. Sementara untuk situs dari trowulan terletak pada daerah pedalaman yang lumayan dauh dari sungai brantas, hipotesis kedua mengenai kepindahan pusat kerajaan pada trowulan. Sedangkan negarakertagama serta literature lainnya yang di produksi pada era kerajaan majapahit tidak menyinggung ihwal dari pemindahan ibu kota tersebut. Simak juga kondisipolitik kerajaan Majapahit dari masa ke masa mengalami perubahan.

Bukti kuat dari ibu kota trowulan ini adanya laporan pelayar cina yang bernama ma-huan berlabuh di sekitar pesisir utara jawa timur tahun 1413. Kemudian mereka menyusuri kali mas dan menambatkan kapal di desa canggu sebelum menelusuri lebih dalam pendalaman jalur dara menuju barat daya.

Nah itulah beberapa pengetahuan terkait sejarah lokasi pusat kerajaan majapahit terletak di trowulan tersebut.

 

0 Response to "Inilah Sejarah Lokasi Pusat Kerajaan Majapahit Terletak Di Trowulan, Apakah Benar Keberadannya?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel