Inilah Beberapa Peninggalan Hasil Kebudayaan Kerajaan Majapahit Yang Saat Ini Masih Menjadi Pusat Sejarah

Kerajaan majapahit merupakan salah satu jenis kerajaan bercorak hindu – budha terbesar yang pernah berkuasa di nusantara dengan banyak sumber yang menyebutkannya. Kerajaan majapahit ini memiliki berbagai bukti – bukti benda peninggalan yang menjadi sejarah mulai dari dulu sampai sekarang tk jarang orang mengetahuinya. Nah saat ini anda akan mengetahui beberapa peninggalan hasil kebudayaan kerajaan majapahit yang saat ini masih mnejadi pusat sejarah terbaik.

Kerajaan majapahit ini telah mencapai kejayaan serta berhasil menguasai berbagai wilayah di nusantara di bawah pemerintahan raja hayam wuruk saat itu. Raja hayam wuruk ini sendiri berkuasa dari tahun 1350 sampai dengan 1389 yang terbentang dari jawa, sumatera, semenanjung malaya, kalimatan sampai Indonesia di bagian timur. Sebagai salah satu kerajaan terbesar di Indonesia hal ini juga pasti meninggalkan banyak bukti sejarah yang saat ini masih menjadi pusat perhatian masyarakat lokal. Simak juga kondisipolitik kerajaan Majapahit dari masa ke masa mengalami perubahan.

Inilah Beberapa Peninggalan Hasil Kebudayaan Kerajaan Majapahit Yang Saat Ini Masih Menjadi Pusat Sejarah

Hasil Kebudayaan Kerajaan Majapahit


Kitab Negarakertagama merupakan Hasil Kebudayaan Kerajaan Majapahit

Salah satu bekas peninggalan kerajaan majapahit adalah kitab negarakertagama yang menjadi bukti sejarah terbentuknya kerajaan ini sampai sekarang. Kita kertanegara ini di tulis oleh media lontar yang merupakan hasil karya mpu termasyur dalam sejarah kerajaan majapahit yaitu mpu prapanca. Kita kertanegara ini bercerita mulai dari terbentuknya kerajaan majapahit, perjalanannya, sampai dengan kekuasaan dari majapahit hingga tersebar ke luar negeri.

Candi Penataran Salah Satu Bentuk Sejarah Kuat

Bukti sejarah berikutnya adalah adanya candi penataran yang menjadi ikon atau bentuk sejarah dari kerajaan majapahit sampai sekarang. Candi ini merupakan salah satu kompleks terluas dan termegah di jawa timur yang terletak di sekitar 12 km dari gunung kelud. Candi ini di perkirakan di bangun pada masa raja srenggana di Kediri yang di teruskan sampai pada pemerintahan wikramwardhana raja kelima majapahit 1415.

Prasasti Waringin Pitu Sejarah Di Majapahit

Peninggalan dari kerajaan majapahit sebelumnya adalah prasasri waringin pitu di temukan pada kabupaten mojokerto, jawa timur yang tak jauh dari kerjaannya. Prasasti ini bertuliskan angka tahun 1447 M yang mencatatkan sistem administrasi dari kerajaan majapahit terdahulu dengan 14 keraton di bawah kekuasaannya. 14 keraton tersebut adalah bhre daha, bhre pajang, bhre wengker, bhre wirabumi, bhre kahuripan, bhre keeling, bhre kelinggapura, bhre singhapura, bhre tumapel. Baca juga sejarah lokasi pusat kerajaan majapahit terletak di trowulan yang masih menyimpan tanda Tanya.

Kerajaan Majapahit Memiliki Kitab Sutasoma

Nah untuk peninggalan selanjutnya adalah kitab sutasoma yang merupakan karangan dari mpu tantular di tulis pada abad ke 14 tersebut. Menceritakan mengenai keberagaman kehidupan masyarakat kerajaan majapahit terdahulu.

Nah itulah beberapa hasil kebudayaan kerajaan majapahit yang sampai saat ini masih ada dan menjadi sejarah dunia.

0 Response to "Inilah Beberapa Peninggalan Hasil Kebudayaan Kerajaan Majapahit Yang Saat Ini Masih Menjadi Pusat Sejarah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel