Ringkasan Tentang Kerajaan Majapahit, Sejarah dan Peninggalannya

Kerajaan Majapahit tentu saja menjadi salah satu kerajaan besar yang pernah berdiri di Indonesia. Di mana, kerajaan yang satu ini bahkan juga menjadi kerajaan terbesar serta yang terkuat di pada masanya.

Kerajaan Majapahit juga sangat di kenal sebagai pusat kebudayaan serta perdagangan yang maju di wilayah Asia Tenggara di zamannya. Keberadaan Ringkasan Tentang Kerajaan Majapahit sudah menjadi sebuah bukti sejarah yang kaya dan menarik, untuk di pelajari secara detail.



Sejarah Singkat Berdirinya Ringkasan Tentang Kerajaan Majapahit Indonesia

Kerajaan Majapahit termasuk salah satu kerajaan Indonesia yang pernah berdiri pada abad ke-13 sampai dengan abad ke-16. Akan tetapi, ada juga yang menuliskan berdiri pada abad ke-14 sampai dengan abad ke-15. Kerajaan Majapahit berada dan berpusat di provinsi Jawa Timur. Serta di anggap sebagai salah satu kerajaan terbesar yang ada di wilayah Asia Tenggara pada masa lalu.

Kerajaan Majapahit telah di dirikan sejak dari tahun 1293 M oleh Raden Wijaya. Berdasarkan sejarawan Slamet Muljana dalam bukunya yang berjudul Runtuhnya Kerajaan Hindu-Jawa serta juga Timbulnya Negara-negara Islam di Nusantara, Raden Wijaya yang telah berhasil memproklamasikan dirinya sebagai raja pertama Kerajaan Majapahit. Usai dirinya berhasil mengalahkan raja Kediri di tahun 1293 silam.

Berdirinya Kerajaan Majapahit juga telah di percaya berawal dari kerajaan-kerajaan kecil yang terdapat di kawasan Trowulan. Sejarah singkat berdirinya kerajaan Majapahit sendiri berawal dari kisah tentang Raja Kertanegara, yang juga menjadi raja terakhir Kerajaan Singasari. baca juga siapa raja termuda kerajaan majapahit di sini!



Di akhir abad ke-13, terjadi perang yang sangat besar antara dua kerajaan yaitu Kerajaan Singasari dan Kerajaan Kediri. Yang mana perang tersebut mengakibatkan Kerajaan Singasari mengalami kekalahan.

Raja Kertanegara memerintah Kerajaan Singasari di abad ke-13. Dia di kenal sebagai seorang raja yang pandai berdiplomasi, serta mampu menjaga hubungan baik dengan negara tetangga. Akan tetapi, di tahun 1292 terjadi serangan dari pasukan Mongol yang di pimpin langsung Kubilai Khan yang pada waktu it6 ingin memperluas kekuasaannya ke wilayah Nusantara.

Pada kala itu, Raja Kertanegara berhasil mengalahkan pasukan Mongol. Tapi sayangnya dia terluka parah dan akhirnya tewas dalam serangan tersebut. Usai kematian Raja Kertanegara, terjadi perselisihan di antara para bangsawan di Kerajaan Singasari yang ingin merebut tahta kekuasaan.

Salah satu pangeran Jayakatwang, akhirnya berhasil untuk merebut tahta dan memproklamirkan dirinya sebagai raja baru. Akan tetapi, kekuasaan Jayakatwang ternyata tidak bertahan lama sebab dia berhasil ditumbangkan oleh pasukan Mongol yang kembali menyerang di tahun 1293.

Ringkasan Tentang Kerajaan Majapahit telah di dirikan sejak dari tahun 1293 M oleh Raden Wijaya. Berdasarkan sejarawan Slamet Muljana dalam bukunya yang berjudul Runtuhnya Kerajaan Hindu-Jawa serta juga Timbulnya Negara-negara Islam di Nusantara, Raden Wijaya yang telah berhasil memproklamasikan dirinya sebagai raja pertama Kerajaan Majapahit. Usai dirinya berhasil mengalahkan raja Kediri di tahun 1293 silam.

 

 

0 Response to "Ringkasan Tentang Kerajaan Majapahit, Sejarah dan Peninggalannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel