Apa Penyebab Kemunduran Kerajaan Majapahit dan Bagaimana Kronologinya?

Untuk kalian yang ingin belajar sejarah tentang faktor apa saja yang menjadi Penyebab Kemunduran Kerajaan Majapahit atau runtuh. Kali ini kami akan memberikan penjelasannya hanya di dalam artikel ini ya sahabat!!



Apa Penyebab Kemunduran Kerajaan Majapahit dan Bagaimana Kronologinya?

1. Penyebab Kemunduran Kerajaan Majapahit Perang saudara

Perang saudara terjadi lantaran adanya perebutan tahta kekuasaan dari keturunan Hayam Wuruk. Hal tersebut bahkan terjadi pada saat sudah melewati masa kejayaan abad-14. Di mana Kerajaan Majapahit kian melemah yang mengakibatkan kerajaan besar tersebut akhirnya runtuh.

2. Perebutan takhta

Runtuhnya kerajaan Majapahit juga terjadi pada 1389 M usai wafatnya Hayam Wuruk. Pada saat ini mulai terjadi perebutan tahta antara putri mahkota yakni Kusumawardhani yang menikahi sepupunya sendiri yaitu pangeran Wikramawardhana dan putra dari selirnya, yaitu Wirabhumi.

Perang regreg yang berhasil di menangkan oleh Wikramawardhana sehingga dengan begitu maka melemahkan Kerajaan Majapahit pada daerah kekuasaannya terlebih lagi di luar Jawa.

3. Masuknya agama Islam

Runtuhnya kerajaan Majapahit juga di akibatkan oleh masuknya agama Islam di tandai dengan datangnya Laksamana Cheng Ho. Yang mana salah satu jenderal Muslim dari Tiongkok tersebut membentuk komunitas Tiongkok dan Arab di beberapa pelabuhan. Di antaranya yaitu mulai Semarang, Demak, Tuban dan Ampel. baca juga tentang kerajaan majapahit di sini!



4. Berdirinya kesultanan Malaka

Kebangkitan kesultanan Malaka menjadikan kerajaan Majapahit semakin tertekan pada abad ke-15. Hal tersebut juga lantaran kebangkitan tersebut membuat menguasai selat Malaka. Hal itu juga yang membuat kesultanan tidak berhenti untuk memperluas wilayah kekuasaannya di pulau Jawa.

5. Kesultanan Demak yang berkembang.

Di tanah Jawa kesultanan Demak pada saat ini semakin berkembang dan menjadi salah satu faktor runtuhnya kerajaan Majapahit. Kesultanan Demak bahkan juga di ketahui telah melakukan intervensi Islamisasi ke seluruh pulau Jawa.

6. Serangan dari Kerajaan Demak.

Dan yang terakhir yang menyebabkan kerajaan Majapahit mengalami kehancuran yaitu serangan dari kerajaan demak. Di abad ke-16 kerajaan Majapahit runtuh lantaran adanya serangan kerajaan Demak.

Pada kala itu, Raden Patah pada masa pemerintahan raja Brawijaya V yang berasal dari kerajaan Demak melakukan penyerangan terhadap kerajaan Majapahit sehingga terjadinya kehancuran yang sangat luar biasa.

Sejarah Berdirinya Tentang Kerajaan Majapahit Indonesia

Kerajaan Majapahit termasuk salah satu kerajaan Indonesia yang pernah berdiri pada abad ke-13 sampai dengan abad ke-16. Akan tetapi, ada juga yang menuliskan berdiri pada abad ke-14 sampai dengan abad ke-15. Kerajaan Majapahit berada dan berpusat di provinsi Jawa Timur. Serta di anggap sebagai salah satu kerajaan terbesar yang ada di wilayah Asia Tenggara pada masa lalu.

Kerajaan Majapahit telah di dirikan sejak dari tahun 1293 M oleh Raden Wijaya. Berdasarkan sejarawan Slamet Muljana dalam bukunya yang berjudul Runtuhnya Kerajaan Hindu-Jawa serta juga Timbulnya Negara-negara Islam di Nusantara, Raden Wijaya yang telah berhasil memproklamasikan dirinya sebagai raja pertama Kerajaan Majapahit. Usai dirinya berhasil mengalahkan raja Kediri di tahun 1293 silam.

Itu dia informasi terkait dengan Penyebab Kemunduran Kerajaan Majapahit. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Apa Penyebab Kemunduran Kerajaan Majapahit dan Bagaimana Kronologinya?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel