Pengertian Kerajaan Majapahit, Peninggalan dan Sejarah Runtuhnya

Kerajaan Majapahit di ketahui menjadi salah satu kerajaan Hindu-Buddha terakhir di nusantara. Sejarah kerajaan Majapahit yang di mulai pada tahun 1293 M bersamaan dengan adanya penobatan Raden Wijaya sebagai seorang raja pertama.

Menurut pertimbangan sebaran temuan arkeologis, Ibukota kerajaan Majapahit berada di kawasan Trowulan, Jawa Timur. Luasnya menurut penelitian Indonesian Field School Archaeology (IFSA) di tahun 1991 yaitu terjadi pada sekitar 10 x 11 km, sebagaimana yang telah di lansir dari data situs Direktori Majapahit. Yuk pelajari Pengertian Kerajaan Majapahit hanya di artikel kali ini.



Sejarah Kerajaan Majapahit dan Pengertian Kerajaan Majapahit

Pengertian Kerajaan Majapahit berasal dari peninggalan kerajaan Singasari sebelumnya yang mana runtuh lantaran terjadinya pemberontakan Pangeran Jayakatwang di 1292 masehi. Berdasarkan dari beberapa media di Indonesia, pemberontakan Jayakatwang tersebut sehingga mengakibatkan kondisi yang tidak stabil dan menyebabkan kekalahan pada Kerajaan Singasari.

Semenjak dari itulah Pangeran Jayakatwang mengambil alih kerajaan hingga menjadikan dirinya sebagai seorang raja baru. Menantu Kertanegara, raja Singasari yang kalah oleh Jayakatwang yakni Raden Wijaya pada kala itu juga mulai terdesak melarikan diri dari pemberontakan itu sendiri.

Pasalnya, pada kala itu wilayah Jawa Timur menjadi semakin tidak stabil serta terpecah belah. Selanjutnya dalam pelariannya dia langsung bertemu serta di bantu oleh seseorang yang bernama Arya Wiraraja, dia merupakan sepupu Kertanegara.

Raden Wijaya selanjutnya membuat desa kecil yang berada di tengah hutan Trowulan dan menamai desa tersebut dengan Majapahit. Sejak dari itulah Raden Wijaya menjadikan desa tersebut sebagai kerajaan bahkan juga mengangkat dirinya sebagai seorang raja dari kerajaan Majapahit.

 

Raja-raja Kerajaan Majapahit



Di bawah ini ada beberapa raja yang menjadi tokoh penting dalam pemerintahan Kerajaan Majapahit. Berdasarkan dari beberapa media yang telah berhasil di telusuri, ini dia beberapa raja kerajaan Majapahit yang bisa kalian ketahui.

1. Raden Wijaya

Yang pertama ada Raden Wijaya yang mana di kenal sebagai pendiri Kerajaan Majapahit. Serta juga menjadi raja selama kurun waktu tahun 1293 - 1309.

2. Jayanegara

Penerus raja kedua yaitu raja Jayanegara yang merupakan putra dari Raden Wijaya. Raja Jayanegara memerintah sejak dari tahun 1309 hingga dengan tahun 1328. Baca juga penyebab kemunduran majapahit di sini!!

3. Tribhuwana Tunggadewi

Tribhuwana menjadi salah satu raja wanita pertama Kerajaan Majapahit. Dia juga di tunjuk sebagai seorang raja usai Jayanegara Wafat pada tahun 1328. Dia mulai memerintah sejak dari tahun 1328 hingga 1350.

4. Hayam Wuruk

Hayam Wuruk memerintah Kerajaan Majapahit pada tahun 1350 - 1389, di mana masa tersebut merupakan masa kejayaan Kerajaan Majapahit. Dia juga di kenal sebagai raja yang kuat serta sangat hebat.

5. Wikramawardhana

Raja Wikramawardhana menjadi salah satu menantu dari Hayam Wuruk, suami dari Kusuma Wardhani. Dia berhasil memerintah padantahun 1340 - 1428.

Peninggalan Kerajaan Majapahit

       Candi Bajang Ratu

       Candi Pari

       Candi Tikus

       Candi Brahu

       Candi Penataran

       Candi Sukuh

       Candi Wringin Lawang

       Prasasti Kudadu

       Kitab Sundayana

       Prasasti Sukamerta

Seperti itu kiranya penjelasan tentang Pengertian Kerajaan Majapahit dan juga letak, raja, serta beberapa peninggalannya. Semoga bermanfaat!!

 

0 Response to "Pengertian Kerajaan Majapahit, Peninggalan dan Sejarah Runtuhnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel