Apakah Kemunduran kerajaan Majapahit Di Sebabkan Karena Perang?

Di bawah ini Kami akan memberikan penjelasan beberapa faktor penyebab Kemunduran kerajaan Majapahit Di Sebabkan Karena Perang yang terjadi selama bertahun tahun lamanya. Simak penjelasannya di artikel kali ini ya sahabat!!!



Apakah Kemunduran kerajaan Majapahit Di Sebabkan Karena Perang?

Meninggalnya 2 Tokoh Penting Kerajaan Majapahit

Meninggalnya dua tokoh penting yakni Patih Gajah Mada serta Raja Hayam Wuruk menjadi awal mula runtuhnya Kerajaan Majapahit. Patih Gajah Mada menjadi salah satu tokoh yang mempunyai peran penting pada kejayaan dan perluasan wilayah Kerajaan Majapahit.

Patih Gajah Mada sendiri terkenal dengan sumpah yang di sampaikannya pada saat membawa Kerajaan Majapahit mempunyai wilayah kekuasaan yang luas. Akan tetapi, sayangnya pada puncak kejayaan Majapahit, Patih Gajah Mada meninggal di tahun 1364. Kemudian langsung di gantikan oleh Gajah Enggon yang mana adalah bawahan Patih Gajah Mada.

Tapi, Gajah Enggon di anggap kurang cakap sampai sampai kerajaan mengalami kemerosotan. Tidak lama setelah Patih Gajah Mada meninggal, lalu Raja Hayam Wuruk yang pada kala itu memerintah juga ikut meninggal.

Sekitar 25 tahun lamanya setelah wafatnya Gajah Mada, Raja Hayam Wuruk meninggal juga pada tahun 1389. Meninggalnya Raja Hayam Wuruk memperparah keadaan sampai Kerajaan Majapahit semakin menurun drastis.



Perebutan Takhta

Penyebab lainnya yang menyebabkan runtuhnya Kerajaan Majapahit yaitu adanya perebutan takhta usai meninggalnya Raja Hayam Wuruk. Perebutan takhta tersebut terjadi antara Bhre Wirabhumi yang mana adalah anak dari selir Raja Hayam Wuruk melawan menantu Raja Hayam Wuruk yakni Wikramawardhana. Perebutan takhta tersebut kemudian menyebabkan perpecahan dalam keluarga kerajaan dan para bangsawan.

Perang Paregreg

Terjadinya Perang Paregreg bahkan juga menjadi memperparah keadaan yang membuat Kerajaan Majapahit tidak dapat bertahan. Perang Paregreg merupakan perang saudara akibat adanya perpecahan yang terjadi di keluarga kerajaan. baca juga penyebab kemunduran kerajaan majapahit di sini!!

Perebutan kekuasaan juga berujung dalam peperangan antara Bhre Wirabhumi serta Wikramawardhana yang terjadi di tahun 1404 sampai dengan 1406. Tentu saja peperangan yang terjadi tersebut berhasil membawa banyak kerugian dalam bidang ekonomi, sosial, hingga politik.

Berdirinya Kerajaan Demak

Kemunculan Kerajaan Demak yang berhasil di pimpin oleh Raden Patah juga menjadi penyebab Kerajaan Majapahit menjadi semakin meredup dari tahun ke tahun. Di tahun 1518, Kerajaan Demak berada di bawah kepemimpinan Patih Unus yang mana adalah raja kedua melakukan serangan pada Majapahit.

Dalam serangan pertama, Kerajaan Majapahit masih dapat bertahan, kemudian di tahun 1527 Kerajaan Demak kembali lagi melakukan serangan di bawah kepemimpinan Sultan Trenggono. Serangan kedua tersebut yang membuat Kerajaan Majapahit langsung runtuh serta kehilangan eksistensinya.

Pengaruh Agama Islam

Penyebab lainnya yang membuat keruntuhan Kerajaan Majapahit semakin berada di bawah yaitu adanya pengaruh Islam yang masuk ke Pulau Jawa. Agama Islam berkembang pesat terlebih lagi di Pulau Jawa pada abad ke-15 berbarengan dengan masa terpuruknya Kerajaan Majapahit.

Adanya agama Islam tersebut membuat pandangan masyarakat Jawa menjadi jauh lebih modern termasuk masyarakat yang terdapat di kerajaan Majapahit.

Itu dia informasi terkait dengan Apakah Kemunduran kerajaan Majapahit Di Sebabkan Karena Perang? Semoga bermanfaat!!

 

 

 

 

0 Response to "Apakah Kemunduran kerajaan Majapahit Di Sebabkan Karena Perang?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel