Siapa Raja Termuda Dari Kerajaan Majapahit?

Dari sekian banyak raja yang pernah memimpin Kerajaan Majapahit pasti ada penasaran Siapa raja termuda di Kerajaan Majapahit ini? Raja termuda dari kerajaan Majapahit yaitu Hayam Wuruk yang berkaitan erat dengan kisah masa kejayaan kerajaan ini. Hayam Wuruk sendiri merupakan raja keempat dalam sejarah Kerajaan Majapahit yang bergelar Sri Rajasanegara. 

Raja Hayam Wuruk memimpin Majapahit mulai dari tahun 1350-1389 Masehi bersama. Dengan Mahapatih Gajah Mada Prabu Hayam Wuruk berhasil membawa Majapahit mencapai puncak kejayaannya termasuk menyatukan sebagian besar wilayah nusantara. Berikut ini beberapa fakta-fakta mengenai raja Hayam Wuruk dari Kerajaan Majapahit. 



Raja Termuda Dari Kerajaan Majapahit Yaitu Hayam Wuruk

Sejarah Hayam Wuruk Sebagai Raja Termuda Dari Kerajaan Majapahit

Berdasarkan Buku Catatan sejarah kerajaan Majapahit Hayam Wuruk sendiri merupakan putra dari Tribuana Tunggadewi dan Sri kertawardhana. Hayam Wuruk artinya ayam terpelajar yang mana ketika ia di lahirkan disambut dengan terjadinya gempa bumi hujan lebat dan meletusnya Gunung Kelud di Jawa Timur. Dalam suatu buku sejarah juga Menyebutkan sikap Gajah Mada mengucapkan sumpah Amukti Palapa di hadapan Ratu Tribuana Tunggadewi ketika Hayam Wuruk baru saja di lahirkan. baca juga kapan majapahit mencapai kejayaan di sini!!

Hayam Wuruk sendiri merupakan sosok yang pemberani tegas dan mempunyai keahlian pada bidang pemerintahan Hal inilah yang kemudian membawanya menjadi raja yang sukses membawa Imperium Majapahit mencapai masa puncak kejayaan. 



Puncak Kejayaan Kerajaan Majapahit Saat Itu

Raja Hayam Wuruk di nobatkan menjadi raja Majapahit yang mempunyai gelar Sri rajasanegara tahun 1350 Masehi. Raja Hayam Wuruk dinobatkan usai Ratu Tribuana Tunggadewi menyerahkan Tahta Majapahit kepadanya. Saat menjadi Raja Pahit saat itu Hayam Wuruk masih baru berusia 16 tahun. 

Peran dari sang Mahapatih Gajah Mada sebagai salah satu sosok yang sudah berpengalaman sangat penting dalam pemerintahan kerajaan yang di pimpin oleh Hayam Wuruk. Mengingat Gajah Mada sendiri sudah mengasuh Hayam Wuruk sejak ia masih kecil. Bersama dengan Patih Gajah Mada Hayam Wuruk kemudian membangun Majapahit ke puncak kejayaan yang berdasarkan falsafah kenegaraan Bhinneka Tunggal Ika Tan Hana Dharma mangrwa. 

Falsafah tersebut mempunyai makna meskipun berbeda-beda tetapi tetap satu dan tidak ada kerancuan dalam kebenaran. Nah dari falsafah Majapahit tersebut yang berbahasa Sansekerta kemudian di adaptasi menjadi semboyan bangsa Indonesia yang majemuk namun tetap menjadi suatu kesatuan.  Ketika masa pemerintahan Hayam Wuruk dan Gajah Mada Majapahit bukan hanya sekedar berhasil memperluas daerah kekuasaannya. 

Saat itu kemakmuran benar-benar di rasakan oleh seluruh rakyat nusantara yang bernaung di bawah kerajaan Majapahit. Jadi Hayam Wuruk bukan terkenal sebagai raja termuda dari kerajaan Majapahit saja namun ia berhasil membawa Majapahit mencapai puncak kejayaan. 

0 Response to "Siapa Raja Termuda Dari Kerajaan Majapahit? "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel