Kondisi Sosial Kerajaan Majapahit Setelah Terjadinya Keruntuhan

Kondisi Sosial Kerajaan Majapahit menjadi salah satu materi sejarah yang sangat menarik untuk di pelajari. Di tambah lagi Majapahit menjadi salah satu kerajaan besar yang pernah berdiri di Indonesia sejak dari masa lampau. Tidak hanya aspek politik, sisi perekonomian, sosial budaya sampai dengan agama masyarakat di kerajaan Majapahit juga pastinya penting untuk kita ketahui.

Kehidupan Kerajaan Majapahit sangat di pengaruhi dari sistem pemerintahan, agama, kehidupan sehari-hari, seni hingga dengan budaya bahkan juga untuk arsitektur dan bangunan. Kerajaan Majapahit sendiri adalah salah satu peradaban besar yang berhasil mempertahankan kebudayaan serta juga keberagaman di Nusantara di masa lalu. Lantas bagaimana Kondisi Sosial Kerajaan Majapahit?



Kondisi Sosial Kerajaan Majapahit Kehidupan Politik Kerajaan Majapahit

Tidak hanya mempunyai kehidupan budaya yang maju, kehidupan politik Kerajaan Majapahit cukup terbilang kompleks. Sistem pemerintahan yang di gunakan dalam Kerajaan Majapahit yaitu bentuk sistem monarki yang terdiri dari seorang raja. Berbagai macam petinggi kerajaan, hingga dengan para bangsawan.

Untuk kehidupan politik Kerajaan Majapahit, Raja maupun bhre yang memerintah mempunyai kekuasaan tertinggi dalam pemerintahan. Akan tetapi, raja tidak bisa memerintahkannya sendiri. Dia bahkan juga di bantu oleh beberapa petinggi kerajaan sebagaimana halnya patih, mahapatih, serta senapati.

Patih sendiri yaitu pejabat tertinggi kedua setelah raja dan bertanggung jawab dalam mengatur urusan administrasi serta juga keuangan kerajaan. Raja Mahapatih mempunyai peran yang jauh lebih besar dalam mengatur pemerintahan serta menjadi penasehat raja. Sementara raja senapati merupakan panglima perang yang bertanggung jawab untuk mengatur keamanan serta pertahanan kerajaan.



Kehidupan Ekonomi yang Terjadi Pada Kerajaan Majapahit

Di bawah ini merupakan beberapa hal yang menjadi ciri khusus kehidupan ekonomi Kerajaan Majapahit. Di antaranya yaitu sebagai berikut: baca juga runtuhnya kerajaan majapahit di sini!!!

Pertanian untuk sumber utama perekonomian

Pertanian menjadi salah satu sektor perekonomian utama di Kerajaan Majapahit. Mulai dari padi, jagung, ubi, dan sayuran yang mana menjadi hasil pertanian yang banyak di budidayakan khususnya di wilayah kerajaan. Tidak hanya itu, pengelolaan perkebunan juga menjadi sumber pendapatan yang sangat penting dalam Kerajaan Majapahit, sebagaimana halnya perkebunan tebu dan kapas.

Perdagangan sumber penghasilan tambahan

Tidak hanya pertanian, perdagangan juga menjadi salah satu sumber penghasilan tambahan pada Kerajaan Majapahit. Kerajaan Majapahit mempunyai wilayah yang strategis sebagai pusat perdagangan antara Jawa dengan beberapa negara-negara lainnya di Asia Tenggara.

Di antaranya yaitu ada negara India, Cina, dan Arab. Beberapa hasil produksi, sebagaimana halnya rempah-rempah, kain sutera, logam mulia, hingga dengan barang-barang kerajinan tangan di perjualbelikan di Kerajaan Majapahit.

Pajak sumber pendapatan kerajaan

Dalam hal menjaga stabilitas perekonomian serta keamanan di wilayah kerajaan. raja Majapahit juga memberlakukan sistem pajak kepada seluruh penduduk. Pajak tersebut berupa pajak tanah, pajak perdagangan, hingga dengan pajak kepemilikan hewan.

Pajak yang di kenakan akan di pakai juga untuk membiayai pembangunan infrastruktur, militer, serta dengan proyek-proyek lainnya yang sangat menguntungkan bagi rakyat.

Seperti itu informasi terkait dengan Kondisi Sosial Kerajaan Majapahit. Semoga bermanfaat!

 

 

0 Response to "Kondisi Sosial Kerajaan Majapahit Setelah Terjadinya Keruntuhan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel