Berapa Luas Kerajaan Majapahit dan Daftar Beberapa Wilayah Kekuasaan Majapahit

Jika berbicara tentang kerajaan Majapahit memang banyak yang masih penasaran dengan berapa luas Kerajaan Majapahit. Kali ini kami akan memberikan penjelasan terkait dengan luas Kerajaan hingga dengan cakupan wilayah kekuasaannya.



Berapa Luas Kerajaan Majapahit dan Daftar Beberapa Wilayah Kekuasaan Majapahit

Penguasaan Nusantara oleh Majapahit bukan sekedar isu. Berbagai bukti catatan kitab dan prasasti memang menyebut kerajaan Majapahit memiliki luas wilayah yang amat besar.

Wilayah kekuasaan Majapahit kurang lebih sama dengan Wilayah Indonesia saat ini, ditambah dengan Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, dan sebagian Filipina.

Bukti kekuasaan Majapahit tersebut setidaknya dapat ditelusuri jelas dari kitab Negarakertagama, Pararaton, dan Hikayat Raja-raja Pasai. Dikutip dari tulisan Ayuhanafiq,  "Majapahit sebagai Kerajaan Maritim Nusantara" dalam buku "Kumpulan Cerita Majapahit", berikut ini daftar lengkap Wilayah kekuasaan Majapahit.



Sisi Timur Jawa

Kekuasaan Majapahit di sisi Timur Jawa meliputi Bali (dengan Badahulu dan Lwa-gajah), Nusa Penida (Gurun dengan Sukun sebagai ibukota), Lombok Timurlaut dan lembah Lombok (dua pelabuhan : Lombok dan Birah serta Sasak), Sumbawa (Bima, Taliwang, Dompo, Sapi), Flores Timurlaut (Larantuka). baca juga kondisi sosial kerajaan majapahit di sini!!!

Timor dan pulau-pulau di sekitarnya, Kepulauan Solor, Pulau Gunungapi, Banda, Ambwan (Ambon), Kepulauan Goram, sebelah Timur Seran (Gurun), Kepulauan di Barat Misool (Hutankadali), Wwanin (Onin) di Irian Jaya, Kowiai di Tenggara Irian Jaya (Seran kedua), Ternate (Maluku), Kepulauan Ralaud di Timurlaut Sulawesi Tengah, Buton, Sulawesi Baratdaya dan Lumu (Bantayan, Makkasar, Luwuk), Salayar (Salaya), Kangean di antara Madura dan Salanyar.

Di sekitar Kalimantan

Meliputi Teluk Maludu (Kalka Saaludung) di Utara Brunei, Burune (Brunai), Wilayah sungai Landak (Kalimantan Barat). Balino (Malano) di tepi sungai Rejang di Serawak. Kutalingga wilayah sungai Landa dan sungai Batanglupar di Serawak, Sadong (Sedu) di Serawak, Sambas, Mampawa di selatan Sambas.

Daerah Landak (Kalimantan Barat), Sukadana, Kotawaringin, Daerah sekitar Sampit, Daerah sekitar Katingan. Atau sungai Mendawai, Kapuas, Peniraman (Tirem) di tepi Kapuas, Banjarmasin, Muarakabai (di muara sungai Labaim anak sungai dari sungai Mendawai (Wawai), daerah sekitar Barito (Baritu).

Tubalong (Tubalung) di Amuntai, Sebuku pulau kecil di Timur Pulau Lau. Daerah sekitar sungai Pasir, Kutai, Berau, Kepulauan Sulu (Solot) di Timurlaut Brunai, dan Samedang (lokasinya belum jelas).

Pulau-pulau antara Kalimantan dan Malaka

Meliputi Karimata, Kepulauan Tambelan, Kepulauan Serasan (bagian dari Natuna), Kepulauan Natuna Selatan (Subi), Bungaran (Natuna Besar). Selain itu juga ada  Pulau Laut (Natuna Utara), Kepulauan Anambas dan Siantan (Siatan), Tiuman. Hal lainnya adalah pulau di perbatasan Patang dengan Johor, Pemanggil (antara Tiuman dan Pulau Tinggi), Bintan di kepulauan Riau, Bulan yaitu pulau di Baratdaya Bintan, Riau, Lingga, Bangka, dan Bilitung.

Seperti itu kiranya informasi terkait dengan Berapa Luas Kerajaan Majapahit dan Daftar Beberapa Wilayah Kekuasaan Majapahit. Semoga bermanfaat!!!

 

0 Response to "Berapa Luas Kerajaan Majapahit dan Daftar Beberapa Wilayah Kekuasaan Majapahit"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel