Kapan Runtuhnya Kerajaan Majapahit dan Apa Saja yang Di Tinggalkan?

Pada hari ini tepat 729 tahun runtuhnya kerajaan Majapahit. Di mana Raden Wijaya dilantik menjadi raja Majapahit pertama. Usai itu, kerajaan Majapahit tumbuh menjadi salah satu kerajaan yang kuat di Indonesia. Akan tetapi walaupun begitu, kerajaan tersebut sudah runtuh akibat beberapa aspek di luar kendalinya. Lantas Kapan Runtuhnya Kerajaan Majapahit?



Kapan Runtuhnya Kerajaan Majapahit Pahami Di Sini

Awal runtuhnya kerajaan Majapahit yaitu pada saat 1389 Masehi setelah wafatnya Raja Hayam Wuruk. Kemudian, Majapahit memasuki masa kemunduran salah satunya yaitu lantaran adanya konflik perebutan takhta. Pewaris dari Hayam Wuruk yaitu seorang putri mahkota Kusumawardhani, yang menikahi sepupunya sendiri yaitu pangeran Wikramawardhana.

Tidak hanya itu, Hayam Wuruk juga mempunyai putra dari selirnya, yang bernama Wirabhumi. Yang mana wirabhumi juga menuntut haknya atas takhta raja. Pada akhirnya, meletuslah perang saudara di kerajaan Majapahit yang seringkali di sebut dengan perang Paregreg. Yang mana di perkirakan terjadi antara tahun 1405 sampai dengan 1406 antara Wirabhumi melawan Wikramawardhana.

Perang tersebut akhirnya di menenangkan oleh Wikramawardhana. Namun nampaknya perang saudara tersebut melemahkan kendali Majapahit atas daerah-daerah taklukannya di seberang. Dalam kurun pemerintahan Wikramawardhana, beberapa ekspedisi laut Dinasti Ming yang di pimpin oleh laksamana Cheng Ho yang yaitu seorang jenderal muslim China, tiba di kawasan Jawa beberapa kali. Yakni pada kurun waktu 1405 hingga dengan 1433. baca juga kondisi ekonomi kerajaan majapahit di sini!



Publikasi Sejarah Kerajaan Majapahit

Dalam hal ini juga menerangkan jika pada akhir abad ke-14 dan awal abad ke-15, pengaruh Majapahit di seluruh nusantara sudah mulai berkurang. Ketika dalam waktu bersamaan, sebuah kerajaan perdagangan baru yang berdasarkan Islam, yakni kerajaan Islam Malaka, mulai muncul pada bagian barat nusantara.

Pada bagian barat kerajaan yang mulai runtuh tersebut, Majapahit tidak kuasa lagi membendung kebangkitan Kesultanan Malaka. Yang mana pada pertengahan abad ke-15 mulai menguasai Selat Malaka dan melebarkan kekuasaannya ke pulau pulau Jawa. Sedangkan, beberapa jajahan dan daerah taklukan Majapahit di daerah lainnya di nusantara, di mana satu persatu mulai melepaskan diri dari kekuasaan kerajaan Majapahit.

Dan akhirnya, kerajaan Majapahit juga akhirnya mulai runtuh dengan masuknya Islam ke Indonesia. Hal tersebut di karenakan salah satu penyebab runtuhnya kerajaan Majapahit yaitu adanya intervensi kerajaan Islam Demak. Yang berhasil untuk merubah beberapa aspek dalam kerajaan Majapahit.

Yang pertama, warga kerajaan Majapahit yang awalnya memeluk agama Hindhu-Budha kini mulai beralih ke agama Islam. Kemudian, dengan adanya percampuran budaya Jawa dengan Islam yang menghilangkan pengaruh atas kerajaan Majapahit. Dan yang terakhir, beralihnya kekuasaan Hindu Budha pada sistem kekuasan bercorak agama Islam mulai meruntuhkan Majapahit dengan perlahan.

Seperti itu kiranya informasi terkait dengan Kapan Runtuhnya Kerajaan Majapahit. Semoga bermanfaat!!!

0 Response to "Kapan Runtuhnya Kerajaan Majapahit dan Apa Saja yang Di Tinggalkan?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel