Kerajaan Majapahit Mengalami Kemunduran Pada Abad Keberapa?

Runtuhnya kerajaan Majapahit mengalami kemunduran pada abad 1389 M setelah wafatnya raja Hayam Wuruk. Akhirnya terjadilah perebutan takhta antara putri mahkota yang bernama Kusumawardhani. Yahh mana putri mahkota tersebut menikahi sepupunya sendiri yakni pangeran Wikramawardhana serta putra dari selirnya, yaitu Wirabhumi.



Kerajaan Majapahit Mengalami Kemunduran Pada Abad Keberapa?

Kematian Hayam Wuruk

Kematian hayam wuruk juga mempunyai peranan penting juga saat runtuhnya kerajaan majapahit ini. Saat masa pemerintahan raja hayam wuruk yang  dibantu sang mahapatih, majapahit berhasil mencapai puncak kejayaan. Yang mana majapahit saat jaya berhasil menguasai hampir semua wilayah nusantara.

Pada era tersebut terkenal dengan masa keemasan majapahit, dan raja hayam wuruk menjadi salah satu yang paling terkenal pada sejarah kerajaan ini. Akan tetapi, selang 25 tahun pasca kematian gadjah mada, hayam wuruk meninggal. Dan inilah yang menjadi titik awa;l perubahan besar yang membuat kerajaan majapahit runtuh.

Terjadinya Perang Saudara

Perang saudara atau perang paregreg mempunyai peranan yang sangat penting juga dalam runtuhnya kerajaan majapahit. Penyebab dari runtuhnya kerajaan ini berkaitan erat dengan konflik suksesi pasca kematian hayam wuruk raja yang sangat dihormati selama masa kejayaan majapahit. Perang paregreg ini memuncak penyebabnya karena persaingan dari dua pewaris yang sah dari berbagai perspektif.

Konflik suksesi serta perang saudara menjadi faktor pemicu yang mengguncang kerajaan majapahit. Nah kekacauan politik inilah yang merusak stabilitas serta menjadi titik awal periode penurunan.

Berdirinya Kerajaan Demak

Kemunculan Kerajaan Demak yang berhasil di pimpin oleh Raden Patah juga menjadi penyebab Kerajaan Majapahit menjadi semakin meredup dari tahun ke tahun. Di tahun 1518, Kerajaan Demak berada di bawah kepemimpinan Patih Unus yang mana adalah raja kedua melakukan serangan pada Majapahit.

Dalam serangan pertama, Kerajaan Majapahit masih dapat bertahan, kemudian di tahun 1527 Kerajaan Demak kembali lagi melakukan serangan di bawah kepemimpinan Sultan Trenggono. Serangan kedua tersebut yang membuat Kerajaan Majapahit langsung runtuh serta kehilangan eksistensinya.



Pengaruh Agama Islam

Penyebab lainnya yang membuat keruntuhan Kerajaan Majapahit semakin berada di bawah yaitu adanya pengaruh Islam yang masuk ke Pulau Jawa. Agama Islam berkembang pesat terlebih lagi di Pulau Jawa pada abad ke-15 berbarengan dengan masa terpuruknya Kerajaan Majapahit.

Adanya agama Islam tersebut membuat pandangan masyarakat Jawa menjadi jauh lebih modern termasuk masyarakat yang terdapat di kerajaan Majapahit. baca juga hasil budaya kerajaan majapahit di sini!!

Kematian Gadjah Mada

Gadjah mada meninggal tahun 1364 la;u yang mana mempunyai peran penting dalam sejarah kerajaan majapahit. Gadjah mada sendiri merupakan seorang tokoh yang paling berpengaruh di kerajaan majapahit. Gadjah mada terkenal sebagai panglima perang serta mahapatih yang bisa membawa kerajaan majapahit ke masa kejayaan.

Ada salah satu tindakannya yang cukup terkenal yaitu sumpah palapa. yang isinya berjanji untuk tak merasakan bumbu lezat sebelum berhasil menyatukan semua kerjaan di nusantara di bawah pimpinan majapahit. Akan tetapi usai kematian gadjah mada tahun 1364, kerajaan majapahit mengalami perubahan yang cukup signifikan.

Itu dia informasi terkait dengan Kerajaan Majapahit Mengalami Kemunduran Pada Abad 1389M. Semoga bermanfaat

 

 

0 Response to "Kerajaan Majapahit Mengalami Kemunduran Pada Abad Keberapa?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel