17 Makanan Subang Paling Lezat dan Terkenal

Makanan Subang - Subang adalah sebuah kecamatan yang merupakan pusat pemerintahan dari Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat. Subang terkenal dengan berbagi macam hasil buah dan kelezatan makanannya dan yang paling terkenal dari kota subang adalah nanas simadu karena jenis nanas ini tidak dihasilkan ditempat lain, nanas simadu dari kota subang ini bisa anda konsumsi secara langsung maupun diolah menjadi makanan yang lezat.

Selain olahan dari nanas, Kota Subang tentunya memiliki kekayaan makanan ataupun kuliner lainnya dan untuk lebih lengkapnya dibawah ini saya akan menginformasikan kepada anda 17 makanan dari subang yang paling lezat dan terkenal.

1. Peuyeum Ketan
Sumber: dede92kuningan.blogspot.co.id
Makanan dari kota subang yang pertama adalah peuyeum atau biasa disebut tape ketan. Makanan ini terbuat dari singkong yang dicampur dengan beras ketan yang kemudian dibungkan dengan daun. Untuk lebih nikmatnya makanlah peuyeum ketan dengan es campur atau minuman lainnya yang kamu sukai.

2. Dodol Nanas 
Sumber: @lina_liem10 Via Instagram
Dodol adalah makanan khas dari sunda yang sangat terkenal bahkan di seluruh indonesia, akan tetapi subang memiliki dodol yang melekat kepada Kabupaten Subang yaitu dodol nanas. Untuk pembuatannya nanas yang telah diparut kemudian dicampur dengan tepung ketan serta gula.

3. Keripik Nanas 
Sumber: tokomesin.com
Salah satu makanan dari subang yang terkenal selanjutnya adalah keripik nanas. Biasanya masyarakat subang menggunakan jenis nanas simadu untuk membuat keripik nanas ini, untuk rasa keripik nanas tidak kalah dari jenis keripik lainnya karena keripik ini sangatlah lezat dan gurih.

4. Coklat Nanas 
Sumber: kotasubang.com
Kota Subang memanglah sangat terkenal dengan olahan hasil nanasnya, tidak mengherankan karena kota ini penghasil nanas terbaik se-indonesia dan nanas unggulan dari kota ini adalah nanas simadu.  Selain keripik dan dodol kota subang juga memiliki makanan yang terbuat dari nanas lainnya yaitu coklat nanas, untuk rasa makanan yang satu ini jangan ditanya karena memiliki rasa yang unik yaitu perpaduan rasa manis dari coklat dan asam dari nanas. Jika kamu sedang berkinjung kekota subang jangan lupakan dodol nanas untuk dijadikan oleh-oleh untuk keluarga tercinta.

5. Bubuy Ayam Subang 
Sumber: wartakini.co
Makanan kota subang berikutnya adalah bubuy ayam yang dapat kamu temukan di rumah makan  D’Bubuy Ma’Atik yang sudah sangat terkenal dikota subang karena memiliki rasa yang begitu nikmat. Untuk pengolahannya sama saja seperti pepes pada umumnya, tetapi memiliki sedikit perbedaan yaitu pada pengolahannya dengan cara direndam dalam bara abu yang sangat panas dengan waktu kurang lebih 5-10 jam.

6. Ikan Lapan Crispy 
Sumber: kotasubang.com
Pada Kota Subang tepatnya di Daerah Pantura ada makanan yang biasa dibeli oleh para wisatawan yang berkunjung ke Kota Subang yaitu Ikan Lapan Crispy. Di Daerah Pantura tersebut Ikan Lapan Crispy dibuat oleh Kelompok Mina Jaya, makanan ini biasanya dijadikan olahan kuliner dengan variasi rasa yang beragam yaitu original, keju, balado dan barbeque.

7. Nanas Simadu 
Sumber: instagram.com
Jika dari tadi saya menjelaskan tentang olahan dari nanas, maka tidak salah jika saya memasukan nanas simadu sebagai salah satu makanan khas dari Kota Subang ini karena dapat kamu makan langsung dan merasakan segar dan legitnya rasa dari nanas simadu ini. Jika kamu ingin membeli nanas yang satu ini kamu dapat menemukannnya di jalan cagak.

8. Keripik Nangka
Sumber:  @dinashiddiq Via Instagram
Kota Subang juga memiliki makanan khas lainnya yaitu keripik nangka, perbedaan keripik nangka subang dengan keripik  lain yaitu keripik nangka di Kota Subang dimasak menggunakan alat khusus sehingga nutrisi dari nangka tetap terjaga, dimana cara penggorengannya menggunakan minyak nabati sehingga terbebas dari kolestrol jahat yang dapat membahayakan tubuh dan tentunya makanan yang satu ini dijamin sehat.

9. Delipel 
Sumber: plutsubang.com
Makanan khas dari kota subang berikutnya adalah Delipel yang merupakan singkatan dari "Delicious Pineapple". Untuk menemukan makanan yang satu ini anda dapat menemukannya di pusat kota wisma karya, di daerah tersebut banyak dijual Delipel dan makanan khas subang lainnya terutama makanan olahan dari nanas.

Jika anda berkunjung ke Kota Subang jadikan Delipel ini sebagai salah satu oleh-oleh untuk keluarga anda, akan tetapi anda harus memesannya terlebih dahulu agar tidak kehabisan stok, karena banyak sekali yang mencari Delipel ini karena rasanya yang lezat serta merupakan makanan dari Kota Subang yang khas.

10. Abon Jantung Pisang
Sumber: cookpad.com
Makanan yang satu ini merupakan kreatifitas dari ibu-ibu yang ada di Desa Cisaat, Kabupaten Subang. Ibu-Ibu dari desa tersebut  memanfaatkan jantung pisang sebagai bahan utama untuk dijadikan abon. Tentunya sangat jarang sekali kita temukan abon dari jantung pisang ini, oleh karena itu jangan sia-siakan kesempatan anda untuk berburu makanan yang satu ini jika sedang berada di Kota Subang karena anda sangat sulit menemukan di daerah lain bahkan tidak ada. Menurut kebanyakan orang yang mengkonsumsi abon dari jantung pisang ini abon tersebut dapat mengobati sakit perut.

11. Gepuk
Sumber: kotasubang.com
Setiap daerah memiliki keunikan dan kekhasan masing-masing begitu juga dengan Kota Subang terutama dengan kulinernya. Jika Sumatera Barat memiliki rendang yang sangat terkenal, Jawa Barat tentunya tidak mau ketinggalan karena jawa barat memiliki gepuk yang merupakan makanan yang hampir mirip dengan rendang yang berada di Kota Subang.

Untuk mendapatkan gepuk terbaik anda harus mencicipi gepuk yang sangat terkenal didaerah Cisalak yang diproduksi Ligar Sudrajat yaitu Gepuk Warisan Nini karena resep dari gepuk ini diturunkan dari nenek moyang terdahulu. Hal menarik lainnya dari gepuk ini selain resepnya dari nenek moyang, gepuk ini dibuat dengan rempah-rempah alami terbaik tanpa penyedap rasa dan pengawet. Bagaimana? anda tertarik untuk mencicipi makanan yang satu ini.

12. Gitrek
Sumber: mrgitrek.blogspot.co.id
Kota Subang juga memiliki kuliner khas lainnya yaitu Gitrek. Gitrek adalah makan yang terbuat dari olahan singkong yang memiliki aroam kencur. Untuk mencari makanan yang satu ini anda dapat mencarinya di Daerah Kasomalang Kulon, Kabupaten Subang. Untuk cara pembuatannya sendiri tidaklah terlalu sulit, dimana untuk membuatnya anda hanya memeras saripati singkong, kemudian dicampur dengan tepung kanji dan rempah-rempah.

13. Oncom Dawuan
Sumber: kotasubang.com
Makanan khas dari Kota Subang satu ini bernama Oncom Dawuan. Perlu anda ketahui bahwa oncom dawuan diproduksi di daerah dawuan yang berjarak kurang lebih 10 km dari pusat Kota Subang sendiri, serta usahanya telah dirintis sejak tahuan 1960. Oncom Dawuan menggunakan kualitas kacang tanah terbaik karena sangat berpengaruh terhadap rasa dari oncom itu sendiri, semakin baik kualitas kacang tanah maka semakin nikmat rasa dari oncom dawuan ini.

14. Kerupuk Miskin
Sumber: molarentcar.com
Makanan ini diberi nama Kerupuk Miskin karena untuk pembuatannya kerupuk digoreng tanpa menggunakan minyak melainkan menggunakan pasir yang telah dicuci bersih. Jika anda pencinta kerupukin jangan takut untuk mencicipi makanan yang satu ini karena rasanya sangat gurih dan tentu bebas kolestrol karena tidak digoreng dengan menggunakan minyak seperti kebanyakan kerupuk pada umumnya.

15. Nasi Liwet
Sumber: selerasa.com

Jika anda sedang berada di Kota Subang jangan pernah melewatkan untuk mencicipi nasi liwet yang lezat. Untuk mencarinya anda tidak perlu untuk bersusah payah, karena banyak pedagang nasi liwet yang berjualan di sekitar Kota Subang. Untuk nasi liwet yang paling terkenal, anda bisa mencari Saung Liwet Kang Nana yang berlokasi di Jalan Raya Subang-Pamanukan KM 03, tepatnya berada di Desa Sukamelang.

Di  Saung Liwet Kang Nana tersebut anda akan disajikan nasi liwet yang didampingi dengan lauknya yang gurih seperti bebek, ayam, nila, gurame dan lauk lainnya yang dapat anda pilih sesuai pilihan anda. Untuk menambah kelezatan dari nasi liwet dan lauknya biasanya juga dihidangkan lalapan segar serta sambal yang dapat memanjakan lidah anda.

16. Rambutan Kalijati
Sumber: plus.google.com
Jika sebelumnya saya menjelaskan buah nanas simadu sebagai salah satu makanan paling terkenal dari kota subang, maka kali ini saya akan menginformasikan salah satu jenis buah lokal lainnya dari kota subang yaitu rambutan kalijati. Untuk pemasaran buah rambutan kalijati ini tentunya mampu menggeser dominasi pasar buah impor di sejumlah sentra penjualan buah-buahan. Areal terbesar perkebunan buah rambutan kalijati ini hanya ada di tiga kecamatan yakni Kalijati, Purwadadi dan Cipeundeuy.

17. Tutut Soding
Sumber: tubestream.tv
Tutut Soding adalah makanan yang berbahan dasar keong yang biasanya di terdapat disawah-sawah. Selain rasanya yang lezat tutut ini juga memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga sangat bagus dikonsumsi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Cara memasak dari tutut soding ini sangatlah sederhana, anda hanya perlu memasak tutut yang telah dicampur dengan bumbu seperti sereh, gula merah, asam jawa, kunyit,  garam, laos, cabai serta jahe dengan waktu kurang lebih selama 20 menit dan setelah itu, tutut pedas Soding sudah dapat anda nikmati.

Bagaimana dengan 17 makanan kota subang yang saya informasikan, apakah anda tertarik untuk mencicipinya ? Tentu saja bukan. Itulah 17 makanan Kota Subang paling lezat dan terkenal yang saya informasikan untuk anda, jika ada saran untuk artikel ini silahkan tulis dikolom komentar dan jangan lupa untuk mengikuti blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya yang saya informasikan untuk anda.

Semoga Bermanfaat.

2 Responses to "17 Makanan Subang Paling Lezat dan Terkenal"

  1. terima kasih atas infonya, mgkn bisa mampir ke tempat saya disini

    ReplyDelete
  2. welcome back di ZEUSBOLA.
    tau dong pastinya ZEUSBOLA selalu ada super promo bonus togel online :
    2D (angka) : 29%
    3D (angka) : 59%
    4D (angka) : 65%
    Colok Bebas : 5%
    Macau : 15%
    Colok Naga : 12%
    Colok Jitu : 6%
    Besar/kecil-Genap/Ganjil : 0%
    Kombinasi : 5%
    Tengah Tepi : 0%
    Shio : 10%
    Silang Homo : 0%
    Kembang : 0%

    ♦lebih menariknya lagi kami memiliki beragam tipe provider yang paling komplet. Untuk semua keringanan akses dan transaksi bisnis yang gampang dan aman. Sebagai fasilitas penyuplai judi online sediakan transaksi bisnis lewat pulsa, ovo, gopay, dana, linkaja. Pasti membuat beberapa pemain jadi opsi alternative untuk bermain Daftar Slot Indonesia Deposit Lewat Program Dana Paling dipercaya 2020. Untuk beberapa pemain baru atau lama bisa coba perjudian Slot deposit dana 25rb♦

    dan masih banyak promo lainnya.Untuk selengkapnya boleh hubungi kami yang sudah kami sediakan dibawah

    untuk kontak cs kami ada dibawah sini yah
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607
    TELEGRAM :@Zeusbola
    LINE : zeusbola
    INSTAGRAM :@zeusbola.official


    #bolajudi #togelonline #bandarjudi #pokeronline #bonushot #depositmurah #livecasino #slotonline #bonuseveryday #rollingan #zeusbola

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel