10 Kuliner Sumedang yang Paling Lezat dan Terkenal

Makanan Sumedang - Kabupaten Sumedang adalah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibu kota dari kabupaten ini adalah sumedang, kabupaten ini berada sekitar 45 KM Timur Laut dari Kota Bandung. Kabupaten Sumedang berbatasan langsung dengan Kabupaten Majalengka di bagian Timur, Kabupaten Indramayu dibagian Utara, Kabupaten Garut dibagian selatan serta Kabupaten Subang dibagian Barat.

Jika kita mendengar kata sumedang maka tentunya tidak lepas dari kuliner khasnya yaitu tahu sumedang, walaupun terkenal akan tahu sumedangnya bukan berarti Kabupaten Sumedang tidak memeiliki kuliner lain yang tentunya tidak kalah lezat dan gurih dari tahu sumedang itu sendiri. Pada artikel kali ini saya akan menginformasikan kepada sahabat sekalian tentang kuliner terlezat yang dapat anda temukan di Kabupaten Sumedang.

1. Tahu Sumedang 
Sumber: @dilole Via Instagram
Berbicara tentang sumaedang maka tidak adil rasanya jika tidak menempatkan kuliner yang satu ini diurutan pertama karena tahu sumedang merupakan kuliner sumedang paling terkenal serta memiliki rasa yang lezat dan juga gurih serta tambah enak jika dimakan selagi dalam kondisi hangat. Memang benar jika tahu sumedang telah dijual kemana-mana bahkan diluar Kabupaten Subang sendiri, akan tetapi beda rasanya jika menyantap tahu sumedang di tempat asalnya, karena selain lebih nikmat kita juga akan merasakan kebanggaan tersendiri.

Untuk menemukan tahu sumedang di Kabupaten Sumedang anda tidak perlu repot-repot untuk mencarinya karena banyak dijual di kios-kios dipinggir jalan. Selain dapat dimakan langsung ditempat, anda juga bisa membawanya pulang kerumah dan biasanya tahu sumedang dibungkus dengan wadah besek dari anyaman bambu.

2. Salak Bangkok 
Sumber: flickr.com
Salak Bangkok adalah salah satu buah yang dapat andaa temukan di Kabupaten Sumedang, buah ini berasal dari Desa Bangkok Kecamatan Congeang. Banyak masyarakat yang menanam buah yang satu ini karena rasanya yang asam bercampur manis yang segar dilidah.

Untuk membedakan antara buah salak yang bagus dan tidak, anda harus melihat ciri dari kulitnya, jika warna kulitnya berwarna cokelat tua kehitaman serta warnanya mengkilat itu berarti buah salaknya bagus. Akan tetapi jika warna kulit kusam menandakan buah salak tidak bagus.

3. Sawo Citali 
Sumber: jurnalpriangan.com
Selain salak bangkok yang dapat anda temukan di Kabupaten Sumedang anda juga bisa menemukan Sawo Citali. Buah satu iini berasal dari Desa Sukatali Kecamatan Situraja. Sawo ini memiliki rasa yang manis dan khas.

Untuk memilih buah sawo yang bagus pilihlah kulit buah yang mulus dan berwarna cokelat tua dan hindarilah sawo yang memiliki banyak getah karena jika memiliki banyak getah, itu menandakan buah sawo matang karena diperam bukan karena masak secara alami di pohonnya, hal ini dapat membuat sawo kurang enak dan kehilangan rasanya yang manis dan khas.

4. Sale Pisang Manis 
Sumber: sipendik.com
Saat anda berkunjung ke Kabupaten Sumedang anda juga bisa menemukan sale pisang manis yang memiliki rasa yang beraneka ragam mulai dari coklat, blueberry dan yang paling nikmat dan paling dicari adalah sale pisang manis rasa keju.

Sekedar tips untuk anda saat membeli sale pisang, pilihlah sale pisang yang memiliki ukuran yang besar agar lebih mudah dibagikan kepada teman dan keluarga anda tercinta.

5. Soto Bongko 
Sumber: tokomesin.com
Jika di Kudus ada soto kudus dan lamongan memiliki soto lamongan sumedang tidak ketinggalan dengan kuliner sotonya yang bernama soto bongko. Soto Bongko bahan utamanya adalah lontong yang memiliki ukuran yang sangat besar yaitu 20 cm dan untuk kuahnya soto bongko menggunakan kuah kari yang ditambah dengan tauge, tahu goreng dan tidak boleh ketinggalan adalah sambal yang menambah kelezatan dari soto bongko ini.

Untuk mencarinya anda hanya perlu menuju alun-alun sumedang atau anda juga bisa mencarinya di pasar sumedang yang kelezatannya tidak perlu diragukan lagi.

6. Sambal Oncom 
Sumber: bisikan.com
Sambal Oncom juga salah satu kuliner yang dapat anda temukan di Sumedang. Untuk menikmati sambal oncom anda dapat menikmatinya dengan nasi ataupun ketan, jika anda ingin kelezatan yang lebih lagi anda dapat memesan ketan yang dipanggang yang tentunya jika dinikmati bersama sambal oncom akan membuat anda tidak sabar untuk menyantapnya.

7. Ubi Cilembu 
Sumber: news.fajarnews.com
Ubi Cilembu adalah salah satu makanan yang juga bisa anda jumpai di sumedang. Untuk rasa, ubi cilembu memiliki rasa yang sangat manis dilidah dengan warna ubi yang berwarna kuning yang dapat menambah keinginan anda untuk mencicipinya.

Ubi Cilembu dapat anda nikmati baik dengan cara direbus ataupun dipanggang. Jika anda sedang kelaparan anda juga bisa menjadikan ubi cilembu sebagai makanan pengganti nasi karena selain mengenyangkan ubi cilembu juga memiliki manfaat bagi kesehatan karena kandungan betakarotennya yang tinggi. Ubi Cilembu sangat cocok menjadi makanan saat sarapan pagi, apalagi ditemani dengan secangkir kopi ataupun teh hangat membuat sarapan pagi anda menjadi menyenangkan.

8. Bugen Pizza 
Sumber: pictaram.com
Bugen Pizza juga dapat anda temukan di sumedang, makanan ini cukup populer dan terkenal karena rasanya yang lezat dan lumer dilidah. Untuk mencari makanan yang satu ini dapat dapat mencarinya di jalan Pangeran Suriatmaja No.169.

9. Red Ramen 
Sumber: conaxe.com
Jika anda sedang berkunjung ke Sumedang anda juga bisa menemukan makanan yang berasal dari Negara Jepang terutama Red Ramen karena menu yang satu ini yang paling sering dicari.

Untuk menikmati Red Ramen ini anda dapat menemukannya di Jalan Mayor Abdurachman No.81, selain Red Ramen anda juga bisa menikmati makanan jepang lainnya yang tidak kalah lezat dari Red Ramen ini.

10. Swagi Spaghetti 
Sumber: maemyuk.com
Selain makanan jepang, anda juga bisa menikmati makanan dari barat salah satunya Swagi Spaghetti yang juga dapat anda temukan dengan alamat tempat yang sama dengan Red Ramen.

Itulah 10 Makanan Terlezat yang Ada di Kabupaten Sumedang yang tentunya memiliki rasa yang lezat. Selain 10 Makanan yang saya informasikan diatas masih banyak lagi makanan yang terdapat di Kabupaten Sumedang yang tidak kalah lezatnya baik itu makanan yang memang asli dari Kabupaten Sumedang ataupun dari luar Sumedang itu sendiri seperti Red Ramen ataupun Swagi Sphagetti.

Jika ada masukan ataupun saran tentang artikel ini anda dapat menuliskannya dikolom komentar. Jika anda ingin mendapatkan pemberitahuan artikel menarik lainnya, anda dapat mengikuti blog ini dengan memilih ikuti dipojok sebelah kanan atas.

Semoga Bermanfaat.

0 Response to "10 Kuliner Sumedang yang Paling Lezat dan Terkenal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel