Wanawisata Kemit Forest Education yang Mempesona

Wanawisata Kemit Forest Education - Indonesia adalah negara yang kaya akan pesona wisata alamnya. Dengan sedikit polesan saja bukitpun bisa menjadi tempat wisata yang indah. Wisata alam yangdikelola tentunya dapat menambah pemasukan pihak pengelola serta masyarakat yang ikut berjualan di dekat lokasi wisata. Salah satu contohnya adalah wanawisata Kemit forest education, tempat yang dahulunya hanya tempat penyadapan pinus kini telah berubah menjadi wanawisata yang mempesona.

Wanawisata Kemit Forest Education terletak di Desa Karanggedang, Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap. Wanawisata ini dulunya merupakan hutan produksi pinus kemudian dialihkan menjadi hutan wisata dengan luas area 5 Ha. Wanawisata ini dikelola oleh Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH Banyumas Barat) yang bekerjasama dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Girimulia dengan pembagian hasil keuntungan berupa sharing.

Sejarah awal terbentuknya wanawisata ini adalah dari pemuda yang mendatangi lokasi ini kemudian berfoto di lokasi tersebut kemudian di publikasikan di sosial media sehingga lokasi tersebut semakin dikenal orang dan pengunjung yang terus berdatangan. Nama “kemit” diambil dari nama “lembah” yang terdapat di sekitar wana wisata ini sedangkan untuk “forest” yang diartikan sebagai “hutan”.

Wanawisata ini ditetapkan pada 27 November 2017. Jika anda mau pergi berwisata ke Wanawisata ini anda bisa datang pada pukul 07.00 WIB, dimana jika anda mengunjungi wisata ini pada pagi hari anda  bisa merasakan sejuknya udara serta santai di bawah rerimbunan pohon pinus yang tentunya dapat memanjakan mata anda.

Dengan  membayar tiket seharga Rp.3000 anda bisa menikmati keindahan wisata ini sampai pukul  17.30, sangat murah tentunya dan terjangkau oleh semua kalangan masyarakat. Wanawisata ini memang baru berkembang, akan tetapi anda jangan kaget dengan pencapaiannya karena pada bulan November 2017 saja jumlah tiket terjual sebanyak 20.699 tiket.

Saat ini seiring terus bertambahnya pengunjung pada Wanawisata ini, maka pihak pengelola berinisiatif untuk menambah wahana untuk menarik pengunjung agar Ekowisata tetap ramai dikunjungi pengunjung setiap harinya. Untuk akses dari wisata ini sudah cukup memadai, dimana jalan untuk menuju lokasi wisata ini sudah bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat walaupun masih harus ada perbaikan sedikit demi untuk menunjang kenyamanan para wisatawan. Wanawisata ini di bentuk untuk memanfaatkan kondisi lahan yang berpotensi untuk menambah pendapatan daerah.

Informasi yang saya berikan kepada anda adalah murni hasil wawancara saya kepada pengelola wanawisata Kemit forest education yang saya lakukan saat kegiatan magang di Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Sidareja yaitu pada bulan Juni-Agustus 2017.

Keindahan Wanawisata Kemit Forest Education

1. Jembatan merah hati yang indah
Sumber: @kemitforest_ Via Instagram
Saat kalian berwisata ke kemit jangan lupa untuk mengambil foto di jembatan ini karena wahana ini salah satu wahana yang sering dijadikan pengunjung sebagai tempat berfoto-foto. Sangat rugi rasanya jika telah berkunjung ke wisata kemit tetapi tidak ada kenang-kenangan baik berupa foto ataupun video tentang jembatan merah hati ini. Selain berfoto kalian juga bisa duduk santai pada tempat duduk yang ada di jembatan merah ini sembari menikmati keindahan pohon pinus yang rindang menjadikan hari anda lebih ceria.

2. Spot Selfie yang menarik
Warna-warni balon dan payung serta ditambah dengan indahnya bunga wisata kemit, membuat tempat ini sangat cocok untuk anda yang hobi selfie. Teman anda yang melihat foto anda pun akan sangat kagum dengan keindahan wanawisata ini.

3. Duduk santai di jembatan merah Kemit
Sumber: kitaina.id
Pada jembatan merah kalian juga bisa duduk santai ataupun berdiri sambil memandangi keindahan serta merasakan sejuknya udara di wanawisata ini. Wahana ini juga merupakan salah satu spot foto yang sangat menarik, dengan jembatan yang berwarna merah serta susunan pohon pinus yang begitu rapi menjadikan foto yang dihasilkan sangat keren.

4. Wahana sepeda gantung yang memacu adrenalin
Sumber: @kemitforest_ Via Instagram
Siapa yang tidak terpacu adrenalinnya saat menaiki sepeda gantung ini. Wahana ini juga ada loh di wanawisata kemit. Kalau kalian ingin mencoba wahana ini, kalian harus membayar Rp.10.000. Dijamin kalian bakal merasakan keseruan saat menaiki sepeda gantung ini.



5. Wahana memanah yang keren
Sumber: radiokusuma.com
Kalian  ingin menaikan tingkat konsentrasi ? silahkan coba wahana memanah ini dijamin anda bakal terbiasa untuk berkonsentrasi. Wahana memanah ini sangat menuntut anda untuk berkonsentrasi penuh, jika konsentrasi anda buyar sedikit saja maka anah panah anda pun akan meleset. 

Jika anda benar-benar ingin mencoba wahana yang satu ini, anda harus membayar lagi Rp.15.000 dengan tambahan wahana memanah dan juga ketapel. Cukup murah tentunya jika dibandingkan dengan kepuasan yang anda dapatkan dari asyiknya memanah.

6. Rumah pohon sederhana
Sumber: Instagram.com
Jika kalian tidak mau capek untuk berkeliling melihat keseluruhan wisata kemit anda bisa mengandalkan wahana yang satu ini. Jika anda naik ke rumah pohon sederhana ini anda dapat melihat keindahan wisata ini dari atas dan anda tetap bisa bersantai tentunya.

Itulah informasi yang saya sampaikan untuk kalian. Bagaimana? apakah kalian tertarik untuk mengunjungi wisata ini. Kalian pasti tidak akan pernah menyesal mengunjungi wisata ini karena selain biaya masuknya murah, kalian juga akan dimanjakan dengan wahana-wahana serta pemandangan indah yang terdapat di wanawisata ini.

Sebarkanlah informasi tentang artikel ini agar wanawisata ini semakin dikenal sebagai salah satu wisata mempesona yang ada di Indonesia khsusunya di kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Jika ada kesalahan dalam penulisan artikel serta saran untuk perbaikan artikel, tulislah di kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

0 Response to "Wanawisata Kemit Forest Education yang Mempesona"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel